VISI, MISI DAN TUJUAN

Sejak berdiri hingga saat ini Pusat Karir Stiper Amuntai telah berperan cukup signifikan bagi Stiper Amuntai secara institusional maupun bagi mahasiswa dan alumni. Data hasil pelacakan alumni dan kerjasama industri dapat dimanfaatkan untuk pengukuran kepuasan pengguna dan digunakan untuk akreditasi institusi. Demikian juga dengan layanan psikologi sangat membantu untuk memetakan kondisi awal mahasiswa Stiper Amuntai sehingga dapat didesain proses pendidikan yang tepat selama mahasiswa tersebut berada di Stiper Amuntai. Selain itu bimbingan psikologis dan karir sangat membantu mahasiswa dalam merancang jenjang karir yang ingin dibangun setelah lulus dari Stiper Amuntai.

Berbagai informasi dunia kerja yang sesuai dengan kompetensi yang dipelajari sangat membantu menjembatani mahasiswa untuk berkarir dengan penuh perencanaan sejak awal. Pusat Karir Stiper Amuntai juga memetakan jumlah mahasiswa Stiper Amuntai yang terbantu dengan keberadaan Pusat Karis Stiper Amuntai dari aspek memperoleh kesempatan melakukan konsultasi psikologi dan bimbingan karir, memperoleh informasi peluang karir baik online maupun offline malalui bursa karir Stiper Amuntai. Kerjasama PK2M ITS dengan Industri khusunya dalam bursa karir ITS juga mendapatkan respon positif.

Saat ini Pusat Karir Stiper Amuntai terus berbenah untuk meningkatkan kualitas layanan guna mencapai visi misi yang telah ditetapkan. Salah satu hal yang sedang dilaksanakan adalah meningkatkan kualitas sistem informasi dan komunikasi untuk aplikasi kerjasama industri, info layanan, pelacakan lulusan hingga pelaksanaan bursa karir Stiper Amuntai. Program pengembangan yang juga dilakukan adalah peningkatan kualitas dan sistem kerja praktek (internship), kuliah tamu dan turunannya. Berbagai layanan psikologi juga terus ditingkatkan berdasarkan hasil survey kebutuhan baik untuk mahasiswa ataupun calon wisudawan. Pusat karir Stiper Amuntai saat ini berupaya untuk melakukan bekerjasama dengan sebuah organisasi yang mewadahi pusat karir yang ada di Perguruan Tinggi di Indonesia. Melalui kerjsama ini, diharapkan Pusat Karir Stiper Amuntai banyak belajar dan berbagi dengan berbagai pusat pengembangan karir di berbagai perguruan tinggi di Indonesia

Visi

Sebagai pusat informasi lowongan kerja dan pelatihan serta pengembangan dalam mempersiapkan mahasiswa dan alumni guna mampu bersaing di dalam dunia kerja serta memiliki jiwa entrepreneur serta mampu menjadi katalisator dalam percepatan pembangunan pertanian.

Misi

  1. Mempersiapkan mahasiswa dan alumni untuk memiliki kemampuan dengan standar kompetensi yang dibutuhkan dunia usaha dan industri
  2. Menciptakan jaringan kerja sama yang seluas-luasnya dengan institusi pemerintah, dunia usaha dan dunia industri.
  3. Memberikan informasi lowongan kerja dan magang, melakukan pelatihan mengenai dunia kerja dan kewirausahaan, serta menyelenggarakan proses perekrutan tenaga kerja.
  4. Melakukan tracer studi secara sensus terhadap alumni.

Tujuan

  1. Mengembangkan kerjasama dan jejaring kemitraan dengan lembaga penyedia kerja baik pemerintah dan non pemerintah untuk mendukung pembinaan dan pelayanan karir bagi mahasiswa dan alumni.
  2. Meningkatkan kapasitas sumber daya mahasiswa dan alumni
  3. Mengembangkan tata kelola pusat pengembangan karier secara efektif, transparan dan akuntabel
  4. Meningkatkan kapasitas sumber daya manusia pengelola Pusat Pengembangan Karier secara berkelanjutan

Tujuan 1: Mengembangkan kerjasama dan jejaring kemitraan dengan lembaga penyedia kerja baik pemerintah dan non pemerintah untuk mendukung pembinaan dan pelayanan karir bagi mahasiswa dan alumni.

Sasaran

Tersedianya Dokumen MoU dan MoA dengan lembaga penyedia kerja baik pemerintah maupun non pemerintah yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan layanan pembinaan karier bagi mahasiswa dan alumni;
Terbentuknya jejaring kelembagaan secara lokal, regional, nasional sebagai satu komunitas pengembangan karir di perguruan tinggi.

Strategi

  1. Evaluasi dan pengembangan kerjasama relevan yang telah dilakukan terkait pembinaan dan pelayanan karir mahasiswa dan alumni;
  2. Mengoptimalkan keterlibatan CDC Unpatti dalam keanggotaan Pusat Karir Nasional.

Tujuan 2: Meningkatkan kapasitas sumber daya mahasiswa dan alumni

Sasaran

  1. Tersedianya Dokumen MoU dan MoA dengan lembaga penyedia kerja baik pemerintah maupun non pemerintah yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan layanan pembinaan karier bagi mahasiswa dan alumni;
  2. Terbentuknya jejaring kelembagaan secara lokal, regional, nasional sebagai satu komunitas pengembangan karir di perguruan tinggi.

Strategi

  1. Mengembangkan Berbagai  Pelatihan Dasar Kewirausahaan;
  2. Mengupayakan peningkatan ketrampilan mahasiswa dan alumni dalam memasuki dan memperoleh pekerjaan;
  3. Melaksanakan pertemuan ilmiah terkait pembinaan dan pelayanan karir bagi mahasiswa dan alumni;
  4. Melaksanakan studi penelusuran alumni secara reguler;
  5. Membantu lulusan dalam pemeilihan pekerjaan yang sesuai berupa assessment beserta pemberian saran dan masukan yang bersifat individual.

Tujuan 3: Mengembangkan tata kelola pusat pengembangan karier secara efektif, transparan dan akuntabel

Sasaran

  1. Terkonsolidasinya Tim Pengelola Pusat Pengembangan Karir dan bersinergi dengan unit kerja terkait dalam lingkup Unpatti untuk mendukung pembinaan dan pelayanan karir bagi mahasiswa dan alumni;
  2. Tersedianya dokumen perencanaan program dan kegiatan tahunan;
  3. Tersedianya dokumen pedoman pengembangan karier;
  4. Terimplementasinya program dan kegiatan tahunan sesuai skala prioritas;
  5. Tersedianya laporan Evaluasi program dan kegiatan tahunan yang dapat diakses oleh berbagai pihak;
  6. Tersedianya sistem informasi karir berbasis web yang terkelola secara berkelanjutan;
  7. Tersedianya sarana dan prasarana pendukung pembinaan dan pelayanna karier secara bertahap.

Strategi

  1. Memaksimalkan fungsi kooridinasi dan komunikasi secara internal tim pengelola dan eksternal dengan unit kerja terkait;
  2. Menyusun Dokumen Perencanaan Pusat Pengembangan Karir;
  3. Menyusun Pedoman Pengembangan Karier;
  4. Melaksanakan moneva program dan kegiatan tahunan secara reguler;
  5. Mengembangkan sistem informasi karir berbasis website;
  6. Mengembangkan bursa kerja online dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi;
  7. Menyediakan sarana dan prasarana pendukung pembinaan dan pelayanan karir bagi mahasiswa dan alumni.

Tujuan 4: Meningkatkan kapasitas sumber daya manusia pengelola Pusat Pengembangan Karier secara berkelanjutan

Sasaran

  1. Meningkatnya  ketersediaan SDM Pengelola berkompeten sesuai bidang pembinaan dan pelayanan;
  2. Meningkatnya pengetahuan, ketrampilan dan pengembangan diri SDM pengelola Pusat Pengembangan Karier.

Strategi

  1. Merekrut sumber daya manusia internal Unpatti yang berkompeten untuk mendukung program pembinaan dan pelayanan karier bagi  mahasiswa dan alumni;
  2. Mengikutsertakan Anggota Tim Pengelola Pusat Pengembangan Karir pada kegiatan peningkatan kapasitas yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Comments are closed.