PERAN DAN KEGIATAN

Alumni merupakan output dari kualitas sebuah Perguruan Tinggi. Tetapi kualitas dari alumni tersebut bergantung dari kualitas Perguruan Tinggi. Tugas dari Perguruan Tinggi tidak hanya mempersiapkan lulusan yang berkualitas saja tetapi menjaga hubungan baik antara lulusan juga tidak kalah penting.

Stiper Amuntai telah berdiri dari tahun 2004 tentu sangat menyadari akan hal ini mengingat jumlah lulusan yang sudah sangat banyak. Dengan bertambahnya jumlah lulusan dari tahun ke tahun perlu dikembangkan cara-cara baru dan media baru dalam pengembangan pelacakan alumni.

Saat ini Pusat Karir Stiper Amuntai seiring berkembangnya pertumbuhan lulusan tersebut maka diperlukan unit khusus untuk mengelola para lulusan”. Pusat Karir Stiper Amuntai berada dibawah Wakil Ketua Bidang Akademik, Rencana, Pengembangan dan Kerjasama.

Oleh karena itu seluruh kampus butuh Aplikasi yang handal untuk menjadi wadah pelatihan serta sarana interaksi untuk para alumni, dan memang sudah kewajiban Perguruan Tinggi untuk memfasilitasinya.

PERAN PUSAT KARIR

1. Kebutuhan Alumni

Setelah lulus kuliah, dunia kerja adalah step selanjutnya, untuk itu para alumni pasti butuh yang namanya informasi lowongan kerja, alangkah bijaknya jika almamater mereka yang memberi langsung info lowongan kerja itu, pasti sangat membantu alumninya. Oleh karena itu kampus butuh sistem khusus untuk memfasilitasi itu. Karena dengan sistem handal, admin humas kampus dapat berbagi info lowongan kerja menjadi lebih mudah dan cepat.Bukan hanya info lowongan kerja tapi, para alumni juga  bisa mengikuti recruitment tanpa harus mengentry-kan data berulang kali ke sistem. Dan Alumni juga bisa memantau informasi dan pekembangan Kampus secara online dimanapun dan kapanpun.

2. Tracer Study untuk Akreditasi Kampus

akreditasi-ban-pt

Salah satu aspek akreditasi adalah keberhasilan lulusan di dunia kerja. Akreditasi adalah pengakuan secara resmi yang diberikan badan akreditasi terhadap kompetensi suatu lembaga atau organisasi dalam melakukan kegiatan dengan kriteria penilaian tertentu. Hasil akreditasi biasanya dijadikan pedoman bagi instansi dalam penerimaan karyawan. Akreditasi sendiri sebagai upaya pemerintah untuk menjamin mutu alumni perguruan tinggi. Itulah mengapa akreditasi selalu dipersiapkan dengan baik. Oleh karena itu kampus butuh sistem pusat karir untuk memantau keberhasilan lulusan di dunia kerja.B

3. Mengetahui Outcome Pendidikan yang Dihasilkan oleh Perguruan Tinggi

Semua perguruan tinggi pasti mengahasilkan outcome. Penting bagi perguruan tinggi untuk mengetahui outcome sehingga perguruan tinggi tahu kebermanfaatan alumni dalam perubahan kondisi sosial, ekonomi, kependudukan, dan lingkungan. Oleh karena itu kampus perlu meyediakan sistem pusat karir untuk menampung partisipasi alumni dalam pembangunan negeri sesuai dengan program studi yang diambil semasa kuliah.

4. Mengetahui Kontribusi Perguruan Tinggi terhadap Kompetensi yang ada di Dunia Kerja

Salah satu misi dari perguruan tinggi adalah menjadikan mahasiswanya berkompeten dalam prodi yang dipilihnya, untuk mengetahui seberapa berhasil alumninya tentu kampus perlu menyediakan sistem untuk mengukur konstribusi para alumni di duni kerja. Nantinya para alumni dimudahkan untuk memberikan info tentang karir dan data domisili alumni, serta dapat menginfokan kontribusinya dalam dunia kerja. ini juga dapat dijadikan bahan evaluasi perguruan tinggi dalam memperbaiki kurikulum progam studi.

5. Untuk Monitoring Lulusan Perguruan Tinggi Ketika Memasuki Dunia Kerja

pusat karir 2

Seperti yang kita tahu bahwa perguruan tinggi biasanya menjadi tempat berkumpul pelajar-pelajar di seluruh Indonesia. Jumlahnya yang ribuan akan terus bertambah setiap tahunnya. Setiap tahun pula, kampus akan meluluskan mahasiswanya hingga 4 periode wisuda. Lulusan perguruan tinggi akan menyebar baik secara geografis maupun instansi. Untuk merancang strategi promosi dari segi geografis maupun instansi dari lulusan, dibutuhkan situs alumni yang memberikan kemudahan alumni untuk update kondisi terbarunya. Hal tersebut tentu akan memudahkan kehumasan kampus dalam menjaring mahasiswa baru pada daerah geografis lulusan maupun jaringan kerja pada instansi lulusan.

6. Membangun Silaturahmi dengan Alum

Silaturahmi antara alumni dan almamater perlu dibangun karena ikatan itu akan mengahasilkan kemanfaatan, baik bagi alumni maupun perguruan tinggi. Menyadari pentingnya hal ini, hampir di setiap perguruan tinggi membuat organisasi kealumnian masing-masing. Kekerabatan dan jaringan relasi dengan alumni akan semakin erat karena dengan memanfaatkan teknologi internet maka dimungkinkan interaksi tanpa batasan tempat dan waktu. Melalui aplikasi tracer study kampus dapat mewujudkan hal tersebut.

7. Sebagai Evaluasi Perguruan Tinggi

evaluasi-kinerja

Evalauasi adalah keharusan bagi perguruan tinggi yang ingin meningkatkan mutu. Karena dengan evaluasi dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan terkait tingkat keberhasilan yang telah dicapai dan tindakan selanjutnya yang diperlukan.

Alumni yang telah tergabung dengan situs alumni dianjurkan untuk selalu mengirimkan info terkini lulusan. Selain pada peningkatan skill yang dibutuhkan industri dengan menambah mata kuliah tertentu, evaluasi juga bisa dijadikan bahan pengkajian permasalahan manajemen seperti alur pendaftaran mahasiswa baru yang lebih mudah sesuai kondisi geografis atau hal lain dari kolom sumbang saran alumni.

KEGIATAN PUSAT KARIR

  1.  Sosialisasi dan Promosi Pusat Karir. Sosialisasi pusat karir adalah pengenalan program pusat karir kepada mahasiswa/calon lulusan. Sedangkan Promosi adalah pengenalan kegiatan pusat karir ke luar PT.
  2. Tracer Study, adalah studi pelacakan jejak lulusan/alumni yang dilakukan 2 tahun setelah lulus dan bertujuan untuk mengetahui Outcome pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja (termasuk masa tunggu kerja dan proses pencarian kerja pertama), situasi kerja terakhir, dan aplikasi kompetensi di dunia kerja.
  3. Pelatihan, merupakan kegiatan yang bertujuan untuk melatih softskill maupun hardskill mahasiswa sebagai calon lulusan maupun lulusan.
  4. Magang, merupakan kegiatan mahasiswa/calon lulusan untuk memperoleh pengalaman bekerja di suatu institusi.
  5. Bursa Kerja Online, merupakan bentuk informasi lowongan pekerjaan yang berguna bagi calon lulusan maupun lulusan dan memudahkan dunia usaha/dunia industry untuk mencari karyawan sesuai dengan kriteria yang diinginkan.
  6. Pameran Bursa Kerja/Job Fair, merupakan bentuk kegiatan pameran tentang informasi lowongan pekerjaan dimana lulusan dapat bertatap muka langsung dengan  dunia usaha/dunia industri.
  7. Rekrutmen Kampus, merupakan kegiatan seleksi dan penerimaan tenaga kerja oleh perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja di UMSby.
  8. Konseling Karir, merupakan kegiatan yang membantu lulusan dalam memilih tempat kerja
  9. Kewirausahaan

Comments are closed.