SISTEM PUSAT KARIR

Pendidikan memiliki tujuan mulia yaitu mencetak generasi tangguh yang berkualitas. Kampus sebagai institusi pendidikan perlu memperhatikan adanya kebutuhan mahasiswa untuk mencapai visi dan misi dari pendidikan. Dalam rangka mempersiapkan diri atas perubahan revolusi industry 4.0 maka pendidikan turut memiliki andil.  Pusat karir sebagai salah satu unit pengelolaan mahasiswa di kampus perlu melakukan peningkatan layanan pengelolaan mahasiswa sebagai langkah pengembangan SDM. Pusat karir memiliki tanggung jawab untuk melakukan pengelolaan SDM di kampus akhirnya perlu meningkatkan layanannya. Tidak terbatas pada persoalan link and match perguruan tinggi dan industri sebagai hilir dari proses pendidikan. Tetapi perlu mendesain layanan yang berfokus pada penyelesaian persoalan mahasiswa hingga memiliki kesejahteraan psikologis yang mantap. Dengan demikian harapannya dimiliki corak karakter mahasiswa yang tangguh yaitu siap menghadapi tantangan sebagai permulaan membangun perencanaan karir yang mantap.  Model pengembangan layanan pusat karir yaitu hingga menyentuh pada kebutuhan kesejahteraan psikologis  yang harus diperhatikan. Fokus pada persoalan akademis dan kognitif mahasiswa merupakan paradigm lama yang harus mulai digeser.

Sistem Pusat Karir Stiper Amuntai

CDC Unpatti

Program layanan bimbingan karir dan informasi kerja bagi mahasiswa dan lulusan Stiper Amuntai dikoordinasikan oleh Pusat Karir Stiper Amuntai . Program-program tersebut mencakup:

  1. Penyebaran Informasi Kerja
  2. Penyelenggaraan Bursa Kerja
  3. Perencanaan Karir
  4. Pelatihan Melamar Kerja
  5. Layanan Penempatan Kerja.

Penjelasan untuk setiap program layanan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Penyebaran Informasi Kerja

Penyebaran informasi kerja dilakukan melalui web http://ppk.lppmp.uny.ac.id, sosial media Pusat Pengembangan Karir melalui Twitter dan Facebook Pusat Pengembangan Karir Stiper Amuntai. Selain melalui Papan Pengumuman Pusat Pengembangan Karir Stiper Amuntai setiap prodi juga menyediakan  papan informasi untuk menyebarkan informasi tentang lowongan kerja. Selain itu Penyebaran Informasi Kerja dilakukan melalui broadcast email dan broadcast sms.

2. Penyelenggaraan Bursa Kerja

Terkait dengan penyelenggaraan bursa kerja, Pusat Pengembangan Karir UNY menyelenggarakan bursa kerja dalam bentuk online dan offline.

  1. Bursa Kerja online melalui website Pusat karir Stiper Amuntai http://pusatkarir.stiperamuntai.ac.id
  2. Bursa Kerja offline Pusat Pengembangan Karir Stiper Amuntai telah secara rutin menyelenggarakan Job Fair, dan Enterpreneur Expo.

3. Perencanaan Karir

Perencanaan karir, dilakukan secara sistematis oleh Pusat Pengembang Karir Stiper Amuntai antara lain melalui penyediakan informasi ketenagakerjaan bagi mahasiswa dan alumni, menyediakan layanan konsultasi dan bimbingan karir bagi mahasiswa dan alumni dalam menghadapi pasar kerja. Pusat Pengembangan Karir Stiper Amuntai telah membuka Konseling Karir bagi alumni Stiper Amuntai yang ingin konseling karir dengan jadwal setiap hari Kamis dari pukul 09.00 s.d 12.30 bertempat di gedung Stiper Amuntai lantai 2 dengan konselor……………………………….

4. Pelatihan Melamar Kerja

Secara periodik Pusat Pengembangan Karir Stiper Amuntai telah melakukan pelatihan melamar kerja yang diselenggarakan terintegrasi dengan kegiatan lainnya dengan tujuan terjadi sinergi yang lebih maksimal dalam meningkatkan kapasitas sumber daya mahasiswa dan alumni. Pada tahun 2019 Pusat Karir Stiper Amuntai telah menyelenggarakan pelatihan sofskill menghadapi dunia kerja.
Pelatihan ini merupakan upaya Pusat Pengembangan Karir untuk membekali kualitas softskill para mahasisa tingkat akhir dan alumni yang dibutuhkan di dunia kerja. Untuk memberikan pengayaan wawasan juga dihadirkan para praktisi dunia kerja, sehingga informasi dan softskill yang dibutuhkan di dunia kerja datang dari para profesional dan orang-orang yang memang ahli di dunia kerja.

5. Layanan Penempatan Kerja

Layanan penempatan kerja, dilakukan oleh Pusat Pengembangan Karir Stiper Amuntai antara lain melalui campus recruitment bagi lembaga yang membutuhkan dan layanan khusus lainnya, misalnya penempatan guru atas permintaan lembaga tertentu atau kerjasama dengan pemerintah daerah tertentu.

Pelaksanaan Campus recruitment atau campus hearing rata-rata dilakukan sebanyak satu kali per tahun, dengan cara lembaga industri atau lembaga yang membutuhkan alumni menyerahkan kebutuhan dan kualifikasi yang dipersyaratkan kemudian Pusat Pengembangan Karir Stiper Amuntai melakukan proses seleksi dan menyerahkan hasilnya kepada lembaga yang memesan. Kerjasama ini terus berlanjut dengan cakupan yang lebih luas dari tahun ke tahun.

Informasi lengkap tentang program-program kegiatan Pusat Pengembangan Karir terdapat di http://pusatkarir.stiperamuntai.ac.id/

Comments are closed.