PASAR KERJA

Untuk membantu lulusan Stiper Amuntai mudah terserap pasar kerja atau berwirausaha, perlu untuk tidak hanya menyelenggarakan sistem pendidikan bagi peserta didiknya saja. Perguruan Tinggi juga perlu mengembangkan sistem pengembangan karir bagi alumninya.

“Sekarang dunia pendidikan tidak hanya memikirkan produksi, mendidik, dan melatih. Harus dipikirkan juga pengembangan karir lulusan,

Mengembangkan kemampuan peserta didik dan alumni, Stiper Amuntai perlu memperhatikan 3C. Pertama, make competence, yakni membekali peserta didik dan alumninya dengan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Kedua, make confidence. Yakni meningkatkan kepercayaan diri peserta didik dan alumni akan bekal keterampilan yang sudah diterima selama di kampus dapat digunakan untuk bersaing di dunia kerja.
“Tentu bukan hanya dari sisi IPK-nya, namun juga softskill, dan yang tidak kalah penting adalah bahasa asing,” Ketiga, make connected. “Sehingga menjadi terhubung, seperti kegiatan hari ini adalah dalam rangka menghubungkan antara kampus dengan dunia kerja, antara mahasiswa dengan dunia kerja.

Seiring dengan perkembangan zaman, paradigma pembelajaran telah bergeser dari scholing menjadi learning. Pembelajaran tidak lagi terikat ruang dan waktu.

“Perguruan tinggi perlu membangun ekosistem pendidikan yang mana mahasiswanya memiliki learning agility, yang memiliki kelincahan dalam belajar. Sehingga ketika lulus tidak gagap, tidak galau. Hal ini Stiper Amuntai berupaya pelaksanaan pendidikan tidak hanya dilakukan di kelas dan kampus, namun juga ada keterlibatan aktif dengan dunia industri.

Hal itu lah yang dilakukan kampusnya untuk membuat program yang tidak hanya memfasilitasi mahasiswa aktif saja. Namun juga lulusan kampusnya.

Tujuan utama cholarship Expo adalah memfasilitasi alumni untuk melanjutkan studi, bekerja, dan berwirausaha. “Ini untuk mendekatkan dunia pendidikan dan dunia usaha. Hal ini penting tidak hanya bagi alumni, namun juga mahasiswa yang masih aktif. Kegiatan ini akan diikuti banyak pengunjung yang sebagian besar adalah alumni Stiper Amuntai.

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 1-7 Mei 2019. “Kegiatan ini telah menjadi inspirasi bagi peruguran tinggi lain untuk melakukan kegiatan serupa sebagai bagian mengembangkan karir lulusan.

Dalam rangka memfasilitasi pertemuan pencari kerja dengan perusahaan, penyebarluasan informasi pasar kerja beberapa perusahaan nasional dan memberikan informasi pascasarjana. Merupakan bukti nyata bahwa Stiper Amuntai memperhatikan pengembangan lulusannya baik yang akan memasuki dunia kerja maupun melanjutkan studi. Pusat karir selaku pelaksana acara telah membuktikan diri sebagai pionir, kreator dan inovator kegiatan yang meneliti dan menjembatani hubungan antara dunia pendidikan dan dunia kerja.

Salah satu tantangan dan permasalahan ketenagakerjaan saat ini adalah sistem perdagangan bebas dalam kerangka MEA yang mempengaruhi perpindahan manusia untuk bekerja dari suatu negara ke negara lain.

Suatu negara tidak dapat menolak masuknya tenaga kerja asing ke negaranya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Stiper Amuntai berkomitmen meningkatkan daya saing alumninya di tingkat global melalui pengajaran berkualitas, pengembangan sarana prasarana pendidikan, perluasan kolaborasi dan kemitraan dalam bidang pendidikan, riset dan iklim akademik yang dinamis tanpa batas.

Diharapkan dengan diselenggarakan Scholarship Expo ini dapat mendekatkan dunia pendidikan dan dunia usaha secara interaktif terkait dengan kebutuhan informasi ketenagakerjaan, mempersiapkan para alumni untuk memasuki dunia kerja maupun melanjutkan studi serta memberikan informasi beasiswa yang ditawarkan oleh lembaga donor beasiswa maupun institusi pendidikan kepada lulusan yang akan melanjutkan studi.

Comments are closed.